Fish

Minggu, 19 Mei 2013

perkembangan kloning

Perkembangan Teknologi Kloning
Cloning dalam ilmu biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Namun dalam bioteknologi, kloning di definisikan pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNA atau gen, sel, atau organisme. Arti lain kloning digunakan pula di luar ilmu-ilmu hayati. 
Kloning pertama di buat oleh seorang ilmuan Inggris, John Gordon  sekitar tahun 1950-1960. John Gordon telah sukses membuat kloning katak, sehingga beliaupun mendapatkan hadiah nobel. John Gordon menjadi inspirator ilmuan-ilmuan lainnya di seluruh dunia. Pada tahun 1996,ilmuan Universitas Edinburgh,skotlandia berhasil mengkloning domba dan di beri nama Dolly.  
Kloning merupakan proses reproduksi aseksual yang biasa terjadi di alam dan dialami oleh banyak bakteria, serangga atau tumbuhan. Dalam bioteknologi, kloning merujuk pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNAatau gen, sel atau organisme.
Dengan menggunakan kemajuan teknologi cloning saat ini, kabarnya Brasilia Zoological Garden bekerjasama dengan Brazilian Government’s Agricultural Research Agency (Embrapa) berniat melakukan kloning pada delapan jenis hewan langka di sana, di antaranya maned wolf (Chrysocyon brachyurus) yang merupakan binatang pemburu, the jaguar (Panthera onca) atau kucing besar and the black lion tamarin (Leontopithecus chrysopygus) yaitu sejenis monyet. 
Dari penemuan-penemuan itu,para ilmuan semakin mencari metode untuk mengkloning manusia.uji coba “bayi tabung” yang pertama kali di kembangkan pada tahun 1978. walaupun pada awalnya di anggap sebagai tindakan ekstrim tapi di terima secara luas setelah kelahiran Louise brown.
John Gordon menjelaskan, bahwa apa pun yang dapat dilakukan untuk meringankan penderitaan atau meningkatkan kesehatan manusia biasanya akan diterima secara luas oleh masyarakat. Hal yang sama berlaku untuk kloning. "Jika kloning ini ternyata bisa memecahkan beberapa permasalahan dan berguna bagi orang banyak, saya pikir ini akan diterima," ujarnya. Clonaid merupakan perusahaan yang nekat mengkloning manusia yang berkantor di bahama walau hasilnya tidak pernah di publikasikan, karena hasilnya mengalami kegagalan. 
Kloning tidak hanya di lakukan terhadap hewan, kloningpun di lakukan terhadap tumbuhan. Kloning tumbuhan merupakan teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan. Kloning dilakukan dengan menggunakan jaringan somatik tumbuhan di dalam lingkungan aseptik yang terkontrol. Pada tahun 1950 Fred Steward melakukan kloning wortel dengan menggunakan sel-sel yang berdifferensiasi dari jaringan pembuluh tumbuhan. Sel-sel embrionik dapat tumbuh dan menghasilkan tumbuhan wortel baru. 

Tanaman yang dihasilkan dari hasil kloning sama dengan induknya. Kloning tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk industri bibit. Manfaat kloning tumbuhan antara lain dapat memproduksi bibit yang seragam, jumlahnya banyak dalam waktu yang singkat. Dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman langka, tanaman jenis unggul dan tanaman bernilai ekonomis.
Menurut persfektif hukum Islam kloning masih dianggap kontroversi (Lihat Di Sini). Menurut ilmu kedokteran, kloning sangat berguna untuk kepentingan medis.menurut saya ”selama itu dalam koridor yang benar, bermanfaat untuk menolong manusia,dan di gunakan untuk hal-hal positif, saya sangat setuju. Bagaimana menurut pembaca ? ( Welly Yusup )