Monday, November 17, 2014

LATIHAN BARENG WALL CLIMBING


Udah ada yang tau wall climbing...? belum ya? nih aku jelasin bro....!

Wall climbing adalah cara memanjat sebuat papan, tower, atau menara. Biasanya ini merupakan salah satu ciri dari Pecinta Alam disekolah, tapi ga Cuma pecinta alam aja yang punya. Karena ini merupakan salah satu contoh olahraga juga bro...

Ini adalah penampakan papan panjat yang ada di SMK Negeri 1 Purworejo yang dimiliki oleh pecinta alamnya yang bernama “BAWANA”.  Menara ini sangat multi fungsi bro.... selain sisi depan yang bisa buat panjat, sisi samping juga bisa buat reapling.  Walaupun Papan panjat dindingnya belum seutuhnya jadi, karena baru saja direnovasi. Sehingga belum bisa digunakan secara maksimal.







Tau reapling?? Reapling adalah cara menuruni tebing/ menara. Dalam  menuruni  tebing ini, kita ga asal turun gitu aja bro..., udah ada tekhnik dan  peralatanya sendiri serta cara agar kita selamat sampe bawah.
Ini cara/teknik yang biasa di gunakan untuk menuruni Tebing/ menara :




        American Style
        Comando Style
        Australian Style


Ini nih yang aku suka berada di BAWANA, Kekeluargaan Kita solid ga ada putusnya bahkan sampe alumni. Selain itu sesama Pecinta Alam perworejo kita bagaikan Keluarga besar yang nyambung terus.

            Gambar di samping merupakan kegiatan  panjat bareng  yang di adakan oleh BAWANA “SMK Negeri 1 Purworejo” dan GEMAPALA “ SMA Negeri 1 Purworejo”. Dalam hal ini kita latihan panjat bareng, saling tukar Informasi dan Pengalaman. Pokoknya seru abis pada waktu Sabtu sore itu. Acara ini diikuti oleh lebih dari 40 orang.

Ini adalah salah satu pelaksanaan panjatnya,  kita disana melakukan panjat satu persatu. Tidak hanya cowok saja yang melakukan panjat,  cewek juga ikut panjat.

Sebelum memanjat kita menggunakan alat yang namanya harnes yang berada di pinggang, kemudian figur of eight yang diletakan di harnes pembilai,  screw yang di letakan di harnes pembilai dan pemanjat. Dalam hal ini pemanjat tidak perlu takut karena keselamatan udah terjamin ok.




Sekarang aku jelasin yang reapling ya....!
Gambar di samping itu adalah contoh dari reapling. Reapling yang sering di gunakan oleh anak BAWANA adalah  comando style.
Comando style itu apa...? comando style itu gaya menuruni menara atau tebing dsb, dengan cara posisi badan tertidur lurus  dan memantulkan kakinya ke dinding kemudian  perlahan lahan turun.  Atau biar anda lebih mudah memahaminya gaya ini sama dengan gaya para tentara AU saat turun dari pesawatnya. Kira-kira keren ga tuh,...? pasti keren banget ya.

Dalam hal ini seorang yang turun ga perlu takut yang jelas, tapi membutuhkan mental dan nyali yang kuat buat menuruni semua tebing karena semua orang belum tentu bisa melakukannya.  Untuk Peralatan yang di gunakan hampir sama dengan climbing.  Dan untuk keselamatan jelsa menjadi prioritas anak BAWANA.
So.... buat adek kelas XI ikutlah BAWANA dan kamu harus mencobanya........
“Kejadian yang paling berharga adalah kejadian yang pernah kamu alami”.
Tunggu postingan lain dari saya........ ok.


0 comments:

Post a Comment

Batman Begins - Help Select