Sunday, June 7, 2015

asal mula batu akik dan batuan di indonesia



 Kalo gabisa tahan tawa janan di baca!!

 

Hy..........hy guys!!! Balik lagi sama
blog bang mimin ya!! Bang mimin kali ini mau ngomongin yang sempet ngetrend beberapa minggu lalu. Pastinya elu semua tau dong bro?! Iyap. Batu akik yang sempet ngeguncangin seluruh nusantara, karena harganya yang mahal buangeeeeetttttttttttt orang-orang pada cari dan bahkan sampe terjadi pertentangan sengit yang sempat terjadi di aceh, bahkan denger-denger sampe ada korban yang meninggal dunia karena batu akik.
Gue yakin pastinya  elu bertanya-tanya emangnya berapasih harga batu akik?? Bang mimin kasih tau nih ya!! Harganya itu mulai dari 20 ribu-Milyaran rupiah. Wah bang, mahal bener?? Iya dongs. Eits.. setelah baca artikel ini temen-temen jangan langsung pergi ke sungai cari batu akik ya?!! Hehehe ternyata nyarinya itu susah bro!! Dan wajar aja harganya selangit, selain itu ternyata batu akik itu proses pembentukannya lama sampe ribuan bahkan jutaan tahun.

Asal-usul batu akik indonesia  dan sejarah batu pada manusia.

1. Zaman batu.
 
Zaman batu itu suatu zaman atau masa yang masyarakatnya masih menggunakan peralatan yang terbuat dari batu. Kayak film itu tuh, bang mimin lupa namanya! Hehehe maklum kan manusia sering lupa.*membela diri ceritanya. Hehe
Zaman batu dimulai kurang lebih 600.000 SM yang lalu. Pokoknya semua peralatannya dari batu, termasuk peralatan memasak dan berburu. Bang mimin yakin kalo elo pasti udah faham bener dah!!

2. Batu bata
 
Seiring dengan perkembangan jaman yang makin modern, manusia mulai mengenal banyak hal, termasuk cara mereka hidup, tempat tinggal dan sebagainya. Nah di jaman ini manusia menemukan yang namanya batu bata dan di fungsikan untuk membangun tempat tinggal yang lebih aman dari pada masa-masa sebelumnya. Batu bata di duga pertama kali digunakan itu sejak jaman kerajaan kerajaan romawi kuno, walaupun pada saat itu penggunakan batu bata masih sedikit.

3. Batu akik
 
Nah ini dia yang bang mimin tadi omongin, yang ngetren abis pokoknya! Aplause buat batu akik indonesia biar bisa mendunia!!
Sekarang ini kita tidak sulit menemukan batu akik, banyak toko-toko di pinggir jalan yang menjualnya. Tapi ngomongin batu akik, kalian tau asal usulnya?? Bang mimin jelasin kalo engga tau ya!!
Jadi ceritanya kala itu, ada seorang nenek-nenek  yang sudah renta namanya makiyem, namun kondisi fisiknya sangat sehat seperti anak muda umuran 17 tahunan gitu deh!
Makiyem ini tinggal di lereng gunung merapi, baginya naik-turun gunung sudah jadi kebiasaan makiyem untuk berkebun dan mencari kayu bakar.
Bang mimin singkat aja ya!! Waktu itu gunung merapi telah selesai mengeluarkan isi perutnya yang katanya makiyem waktu itu gunung merapi mau hamil muda.  Dari sudut kandang rumah makiyem suara wedus meronta-ronta meminta berkeliling mencari  makanan segar. Kata makiyem suaranya gini nih!!
“emmmakk....... emmakkkk emakk...!!” kata wedus saling bersahutan.
Lalu makiyem keluar dari rumah dan menuju ke kandang.
“Enek opo to dus...?” berisik banget nganggu wong turu wae.
Wedus: “ pengen jelong-jelong mak” ucap kambing secara kompak.
Makiyem:  iyo wes lah yo. Sambil membuka kandang..
Wedus langsung lari keasyikan. Sedangkan makiyem jalan jauh di belakang wedus.
Sampai dilereng Gunung merapi mak iyem duduk sejenak sambil melihat ganasnya abu keluaran gunung merapi. Iya menoleh kekan-kekiri. Jauh di sudut pandang mak iyem iya melihat sebuat cahaya pantulan sinar yang sangat indah bewarna-warni, makiyem penasaran dan menghampirinya..
Wuih............. aku nemu jimat ki!! Kata mak iyem sambil mengambil batu akik seukuran tangan mengepal.
Tanpa berpikir lama mak iyem pulang dengan wedus-wedusnya dan membawa batu akik tersebut. Iya meninggalkan batu akik berukuran besar karena tidak bisa membawanya.
Sampe di rumah mak iyem memamerkan ke tetangganya...
“Paklek paijo aku nemu watu apik” kata mak iyem kepada paijo
“Kene tak ndelok e”!! *Pinta paijo meminjam batu akik mu. Kata paijo sedikit tuli.



4. Batu ginjal
 
Di indonesia batu ginjal sudah tidak asing lagi, batu ginjal adalah potongan-potongan bahan padat akan membentuk karena adanya suatu zat  yang secara normal larut dalam urin berubah menjadi konsentrasi tinggi.
Mayoritas orang yang menderita batu ginjal adalah pria usia 70 tahun keatas, namun para remaja dan dewasa juga dapat terkena penyakit ini bro!!! Wanita beresiko kecil ya!!

5. batu Nisan
 
Yakin aja setelah ada beberapa jaman batu yang ada di indonesia bahkan dunia, yang terakhir adalah batu nisan. Hehehe dimana batu nisan di gunakan seseorang sebagai penanda kubur. Namun ada sedikit aneh juga di batu nisan di mana batu nisan jaman sekarang udah mulai keren-keren. Kan kalo dulu Cuma tulisan nama almarhum, trus Ttl dan sbagainya. Skarang udah berisi pahatan/ukiran dari wajah almarhum.... jadi kalian boleh pesan seblum kalian di jemput sang khalik ya!!! Hehehe


Bye..................bye...........bye. jangan lupa tinggalkan saran & komentar di bawah. Dan satu lagi, Kunjungi terus blog ini setiap harinya!! Karena banyak cerita lucu dan menarik yang bakalan mengocok perut anda, satu lagi.... *eit dah satu lagi-satu lagi kapan selesainya bang?? Sabar Cuma mau ngucapin terimaksih. !!!
Keep smile!!! Duniamu akan terasa indah jika kamu  melakukan hal baik untuk dunia dan tersenyumlah!!!!!
Bye.....................bye..............bye.. jangan lupa klik iklannya ya!!! Please klik iklannya jika mau lebih seru lagi!!!!Matursuwun.


2 comments:

Unknown said...

hehehe..es batu juga ya'

Gabrez said...

ni Sebenarnya mau ngelawak atau gmana sih :D

Tapi Mantapp Gan jadi nambah ilmu

Post a Comment

Batman Begins - Help Select